Training Audit Internal ISO 9001:2015 PT Pertamina Retail Untuk Memenuhi Standar Mutu Manajemen yang Lebih Baik.

Sebanyak 31 orang pekerja Pertamina Retail dari berbagai  fungsi, baik bisnis dan support mengikuti Training Audit Internal  ISO 9001:2015, yang diselenggarakan  pada 17-18 Juli 2018 di Hotel Patra Comfort, Jakarta. Training Audit Internal ISO 9001:2015 ini diberikan kepada para anggota Tim Implementasi ISO sesuai dengan S-Print nomor  05/A 00000/2018-S0 sebagai pembekalan pengetahuan dan keahlian dalam melakukan audit internal perusahaan sebelum dilakukan Audit Eksternal.    Training Audit ISO 9001:2015 ini langsung mendapat perhatian khusus dari Direktur Utama PT Pertamina Retail, Bapak Sofyan Yusuf, membuka acara sekaligus memberikan dorongan semangat kepada para Insan Mutu ISO agar mampu mengimplementasikan standar kualitas manajemen dengan baik.  Menurut beliau, Pertamina Retail sebenarnya sudah melakukan  implementasi standar manajemen mutu sejak lama namun belum mendapat kesempatan untuk dichallenge.  "Kita di Pertamina Retail, terutama fungsi SPBU sebetulnya telah mengimplementasikan standar mutu manajemen, hanya saja belum dichallenge. Sebagai contoh kita telah mengimplementasikan Pasti Pas, Pasti Prima atau grading di SPBU sesuai dengan standar Pertamina. Nah, bedanya dengan implementasi ISO, standar pengelolaan mutu perusahaan wajib memenuhi persyaratan ISO 9001:2015 alkan dichallenge dalam bentuk audit sertifikasi” Ujar Pak Sofyan. Namun demikian, Pak Soyu, panggilan akrabnya, tidak menjamin bahwa dengan penerapan ISO 9001:2015, perusahaan dapat menjamin kesuksesan. Banyak syarat untuk sukses, tapi setidaknya dengan upaya-upaya yang terukur dan teruji seperti ISO 9001:2015 ini, maka,  faktor-faktor keberhasilan bisa kita kelola dengan standar terbaik dan kita berharap perusahan akan terus tumbuh dan berkembang serta berkesinambungan. “Sebetulnya, di era disruptive seperti sekarang ini, customer tidak membutuhkan ISO, yang dibutuhkan customer adalah bagaimana perusahaan mampu merespon pelayanan sebaik mungkin dan mampu mengalahkan para competitiors”. Jelas Pak Soyu.  Sejalan dengan hal tersebut, Mulyanto selaku trainer atau nara sumber ISO dari PT PBAS, mengatakan,  tidak hanya Pertamina Retail yang mendapat tantangan, hampir semua industri tengah bertarung   menghadapi lawan-lawan baru yang masuk tanpa mengikuti pola selama ini yang kita kenal. “Dahulu di SPBU, kita hanya mengenal bensin dan solar saja, tapi sekarang, bagi kendaraan tertentu  mengisi dengan V-Gas atau CNG. Dahulu pembayaran hanya cash, sekarang sudah cashless, dari mulai kartu kredit, voucher electronic, RFID dan aplikasi pembayaran” Ujar Mulyato. Pertamina sendiri, saat ini sudah mengeluarkan applikasi pembayaran, “My Pertamina” yang tengah gencar dipromosikan diaplikasikan di SPBU COCO dan DODO.

Saat ini, industri otomotif Tanah Air tengah mempersiapkan era kendaraan listrik. Jika kita simak teknologi tersebut tinggal dilaunching saja. Hanya saja regulasi terkait hal tersebut tengah digodok oleh pemerintah. “Jika hal tersebut diberlakukan, seperti apakah wajah SPBU kedepan? inilah tantangan kita kedepan” papar Mulyanto kepada para calon auditor ISO tersebut. Oleh karena itu, Pertamina Retail memerlukan “where we are” dan “where are we going to”.

Pada hari kedua training, di sesi akhir, seluruh peserta diberikan soal ujian untuk meraih sertifikasi auditor ISO. Para peserta yang lulus adalah peserta yang nilainya harus lebih dari 70. Soal yang disajikan dalam bentuk multiple choice dan essay dengan durasi waktu 1,5 jam. Setelah lulus dan mendapatkan sertifikat auditor internal ISO, para peserta akan ditantang untuk mempraktekannya dengan melakukan audit ke setiap fungsi di Pertamina Retail. Berbagai temuan audit internal ISO tersebut diperlukan untuk bahan perbaikan proses tata kerja kedepan. Selanjutnya, pada bulan Agustus 2018,  perusahaan dijadwalkan untuk dilakukan audit sertifikasi oleh audit eksternal ISO. Semoga dengan implementasi ISO 9001:2015 ini, Pertamina Retail mampu mengoperasikan usahanya sesuai dengan standar kualitas manajemen terbaik sehingga mendukung terciptanya pemenuhan kebutuhan stakeholders dan keuntungan perusahaan yang lebih baik. (Budi Aji)  

Comments

  • comments

    Budi Permana Perbawa Aji

    2 years ago

    Keren lah

    Reply

Announcement


Video


APAR & OKD

Quote of the day


“The way get started is to quit talking and begin doing.” – Walt Disney

www.briantracy.com

Copyright © 2020 PT. Pertamina Retail - All Rights Reserved