Evaluasi dan Appresiasi dengan para Juara CIP pada Coffee Morning NGARIUNG Direksi, Tim Manajemen dan Insan Mutu

Evaluasi dan Appresiasi dengan para Juara CIP

pada Coffee Morning NGARIUNG Direksi, Tim Manajemen dan Insan Mutu

 

Di era VUCA seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk lebih agile dan adaptif terhadap perubahan yang tengah meniup kencang melanda sektor bisnis, lebih utama binis ritel. Setelah mengikuti ajang APQ pada 14/3 di kantor pusat Pertamina. Waktu menunjukan pukul 7:30 pagi, Direksi PT Pertamina Retail, telah berada di lantai 2, Ruang Pertamax Racing, Jakarta bersama dengan para insan mutu,  para VP, Managers dan staff, ngariung atau berkumpul bersama pada acara coffee morning, Senin, (19/3). Acara tersebut dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan action khususnya pada program CIP (Continous Improvement Program) sekaligus memberikan appresiasi kepada Tim Nozzle dari Fungsi HSSE yang berhasil meraih prestasi membanggakan yaitu predikat Gold dan kepada Tim Nocsu dari Fungsi NFR yang meraih predikat Silver pada Forum APQ Award 14 Maret 2018 di Kantor Pusat Pertamina. Bapak Sofyan Yusuf selaku Direktur Utama PT Pertamina Retail, menyatakan rasa bangganya atas torehan prestasi yang telah diraih Pertamina Retail di tingkat APQ. Menurut Pak Soyu, panggilan akrabnya, program CIP adalah hal yang sangat penting terutama dalam mendorong terjadinya improvement maupun inovasi di perusahaan PT Pertamina Retail. “Agar PT Pertamina Retail ini tetap survive di masa mendatang, maka perusahaan yang kita cintai harus secara terus menerus melakukan improvement. Tidak ada improvement maka akan disalip oleh kompetitor dan perusahaan akan bakal menjadi kenangan” tegas Pak Soyu yang didampingi oleh para Direktur Operasi, Pak Pramono dan Direktur Keuangan dan SDM, Bapak Azwani, VP Bright Store, Bapak Riza Pahlefi dan Corporate Secretary, Business Development dan beberapa manager lainnya. Menurut beliau improvement, itu berarti adanya perubahan. Banyak sekali makna perubahan, bisa mulai dari perbaikan proses bisnis hingga cara pelayanan kepada customers yang keseluruhannya berujung pada meningkatnya value creation yang dikenal dengan rumus QCDSM. “Saat ini improvement dilakukan di fungsi BFG sehingga kita bisa save ratusan juta rupiah, begitu juga saya minta improvement di Fungsi Bright sehingga terjadi perubahan dari rugi menjadi untung di tahun 2018. Sementara itu, Diretur Keuangan dan SDM, Bapak Azwani meminta agar improvement tidak hanya terbatas pada event atau forum CIPnya saja. “Namun yang paling penting adalah implementasi, standarisasi dan replikasi CIP tersebut sehingga menghasilkan value creation yang signifikan untuk perbaikan kinerja perusahaan” ujar Pak Azwani.

Salah seorang perserta CIP dari Tim Nozzle, yaitu Fajar menyatakan rasa bangganya atas prestasi CIP yang sangat baik ini karena awalnya hanya iseng dan tidak mentargetkan juara. “CIP dari Tim Nozzle adalah dimulai dari rasa emphati terhadap para nelayan yang kesulitan mendapat bahan bakar untuk operasional melaut. Pembelian melalui jerigen tidak diperbolehkan di SPBU karena berbahaya atau tidak memenuhi standar HSSE. “Nah dengan Nozzle yang kami buat ini akan mencegah timbulnya elektrik statis, sehingga layanan penjualan dengan jerigen dimungkinkan, tidak mungkin kan perahunya yang datang ke SPBU” tegas Fajar. Sementara itu, Mawardi dari Tim Nozzle, latar belakang dirinya dan Tim ikutserta pada CIP ini adalah dari hasil karya tulis tugas akhir BPM IV yang berhasil diimplementasikan di lapangan di Fungsi NFR. Salah satunya adalah pelayanan pengelolaan parkir. “Saat ini Bright Parking telah mengelola 3 titik di SPBU, mudah-mudahan ke depan bisa dikembangkan tidak hanya di SPBU tapi di pekantoran milik Pertamina maupun non Pertamina” harap Mawardi. IT Manager, Budy Affandy memberikan perhatian khusus dengan menonton langsung presentasi kedua Duta CIP Pertamina Retail tersebut. Menurut Budy, walapun value creation belum begitu signifikan, namun apabila peserta CIP melakukannya dengan keyakinan dan dengan kepercayaan diri yang tinggi, Tim Nozzle dan Tim Nocsu berhasil mempresentasikan sangat baik sehingga berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan perusahaan.

Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian penghargaan dari Direksi PT Pertamina Retail kepada pemenang yaitu Tim Nozzle dan Tim Nocsu. Selamat untuk yang para pemenang, jangan lupa standarisasi dan replikasi CIP di unit SPBU dan unit bisnis lainnya. Menutup riungan, Manajemen meminta agar Pertamina Retail terus memelihara budaya inovasi dan improvements. Jadikan budaya CIP sebagai solusi dalam tantangan pekerjaan sehari-hari, maka perusahaan akan agile dan adaptif terhadap perubahan.  (bpa)

Comments

  • comments

    Setya Purwanto

    2 years ago

    Sukses terus team CIP Pertamina Retail

    Reply

Announcement


Video


APAR & OKD

Quote of the day


“The way get started is to quit talking and begin doing.” – Walt Disney

www.briantracy.com

Copyright © 2020 PT. Pertamina Retail - All Rights Reserved