Pertamina Siap Sukseskan B30

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan implementasi biodiesel 30 persen (B30) di SPBU COCO 31.128.02 MT. Haryono Jakarta Selatan pada Senin, 23 Desember 2019.

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Tohir, Wakil Menteri I BUMN Budi Gunadi Sadikin, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama serta  Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

B30 merupakan program penggunaan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) sebanyak 30 persen dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar. Program ini merupakan perluasan dari kebijakan sebelumnya, B20, dalam rangka mengurangi defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.

Presiden Jokowi meminta agar pengurangan impor Solar harus dilakukan secara serius. Program B30 ini memberikan sumbangan yang sangat besar, karena dapat menghemat devisa sekitar Rp 63 trilliun.

“Ingat kita penghasil sawit terbesar di dunia. Kita punya sumber bahan nabati sebagai pengganti Solar. Kita manfaatkan untuk kemandirian energi nasional,” tegas Presiden.

Selanjutnya menurut Presiden, program B30 juga akan dapat mengurangi impor BBM dan menciptakan permintaan domestik CPO yang sangat besar. Hal ini dapat memberikan multiplier effect bagi 13,5 juta petani perkebunan Kelapa Sawit. Ini artinya, B30 akan berdampak kepada perkebunan kecil yang membina para petani rakyat yang selama ini bekerja di Kebun Sawit dan para pekerja yang bekerja di pabrik Kelapa Sawit.

Nicke Widyawati menambahkan, Pertamina telah melakukan langkah cepat dengan melakukan penyaluran B30 sejak November 2019 di beberapa wilayah antara lain TBBM Medan Sumatera Utara, Kilang Plaju Sumatera Selatan, TBBM Panjang Lampung, TBBM Plumpang DKI Jakarta, TBBM Balikpapan Kalimantan Timur, TBBM Rewulu Yogjakarta, TBBM Boyolali Jawa Tengah, Kilang Kasim Papua.

Biosolar B30, tambah Nicke, merupakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang yang memiliki tingkat pencemaran yang rendah tanpa mengurangi performa kendaraan. Pertamina berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan produk Biosolar B30 dan turut menjaga kelestarian alam melalui penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Comments

  • comments

    Setya Purwanto

    10 months ago

    Sukses untuk produk barunya,,,

    Reply
    • Sara Ariadi Dahlan

      10 months ago

      Terimakasih atas dukungan bapak

      Reply

Announcement


Video


APAR & OKD

Quote of the day


“The way get started is to quit talking and begin doing.” – Walt Disney

www.briantracy.com

Copyright © 2020 PT. Pertamina Retail - All Rights Reserved